Rabu, 28 Desember 2011

10 Fenomena Aneh Dalam Otak Manusia

  
  http://3.bp.blogspot.com/_THZ5t5e5Fow/TFKBaXI9pbI/AAAAAAAAA8A/q1Aqr5s-sto/s1600/Brain.gif


 
   Sampai sekarang ada misteri yang belum terpecahkan masih banyak yang dari pikiran kita. Para ahli dapat menjelaskan fenomena aneh pikiran kami tapi masih tidak tahu di mana semua itu. Mungkin Anda pernah mengalami beberapa fenomena di bawah ini.
1. Déjà Vu Déjà Vu 

Perasaan ketika kami yakin Anda pernah mengalami atau menyaksikan suatu peristiwa sebelumnya, Anda merasa kejadian itu belum pernah terjadi dan lebih lagi. Hal ini diikuti oleh perasaan akrab yang kuat, ketakutan dan perasaan yang aneh. Kadang "kejadian sebelumnya" dikaitkan dengan mimpi, tapi kadang-kadang juga perasaan bahwa mantap jika insiden itu sebenarnya terjadi di masa lalu.

2. Déjà Vécu Déjà Vécu

Rasa kuat Déjà Vu. Déjà Vu ketika kita merasa tidak pernah melihat sesuatu sebelumnya, tapi dalam acara Vécu Déjà kita akan tahu lebih detail, seperti mengingat bau dan suara dari insiden tersebut.


3. Déjà visite Déjà visite

Perasaan yang tidak biasa di mana kita merasa kita tahu tempat di mana sebelumnya kita tidak pernah mengunjungi tempat itu. Jika déjà vu berhubungan dengan peristiwa tersebut, sementara Déjà visite yang terkait dengan tempat atau geografi. Nathaniel Hawthorne dalam bukunya yang berjudul "Rumah Lama kami" mengatakan kepada saya ketika dia mengunjungi reruntuhan sebuah puri, tiba-tiba merasa bahwa ia sangat akrab dengan tata letak kastil untuk pertama kalinya ia mengunjungi itu. Kemudian ia menyadari bahwa bertahun-tahun sebelum ia telah membaca sebuah puisi yang ditulis oleh Alexander Pope menjelaskan secara rinci benteng.

4. Déjà inci inci Déjà 

Fenomena dari sesuatu "tidak pernah merasa". Ini terjadi seperti contoh ini: "Anda merasa pernah mengatakan sesuatu, dipikiran Anda berkata," Oh ya, saya mengerti! "Atau" Oh ya aku ingat! "Tapi 1 atau 2 menit kemudian Anda akan menyadari bahwa Anda sebenarnya tidak pernah mengatakan apa-apa".

5. Jamais Vu Jamais vu (tidak pernah melihat / mengalami)

Kebalikan dari déjà vu. Jadi Anda tidak tahu situasi ketika Anda yakin bahwa sebelum Anda pernah ke sana. Bingung? Berikut adalah sepele: Anda tiba-tiba tidak tahu orang, kata-kata, atau tempat sebelum Anda tahu. Dalam percobaan yang dilakukan Chris Moulin pada 92 orang yang diminta untuk menulis kata "pintu" 30 kali dalam 60 detik adalah 68 orang mengalami gejala Jamais Vu, perasaan bahwa "pintu" itu bahkan tidak sepatah kata pun. Ya Jamais Vu didiagnosis sebagai "kelelahan otak".

6. Presque Vu Vu Presque

Perasaan kuat bahwa Anda akan mengalami pencerahan tersebut. Epiphany sangat jarang. Vu Presque berarti "melihat dari dekat" dan dapat menghasilkan sensasi yang sangat membingungkan dan aneh.

7. L'esprit de l'EscalierL'esprit de l'Escalier 

Ketika kita merasa bisa melakukan sesuatu yang lebih baik dalam situasi setelah itu terjadi. Contoh seperti ini: Anda seorang pemain sepak bola, penalti ketika Anda menendang bola ke sisi kiri dan berhasil diblok oleh kiper. Tiba-tiba, pikiran Anda mengatakan, "Ahh, saya benar-benar telah yakin bahwa tujuan harus ditendang ke kanan!" Jadi L'esprit de l'Escalier adalah rasa menyesal tidak melakukan kebalikan dari peristiwa sebelumnya.

8. Delusion Capgras Capgras Delusion

Fenomena di mana kita merasa yakin bahwa keluarga atau teman dekat kita sebenarnya adalah orang-orang lain yang bentuknya persis sama. Seperti cerita dalam Alien film di mana tubuh manusia yang diambil alih oleh alien untuk hidup berdampingan dengan orang biasa. Khayalan ini adalah umum pada pasien dengan skizofrenia atau gangguan mental lainnya.

9. Fregoli Delusion Fregoli Delusion
   
Fenomena otak yang sangat jarang. Orang yang mengalami Delusion Fregoli sangat percaya bahwa beberapa orang yang ia tahu adalah orang yang benar-benar melakukan berbagai penyamaran. Fregoli berasal dari nama aktor Italia "Leopoldo Fregoli" dapat melakukan dengan cepat mengubah penampilan dalam pertunjukan.

10. Prosopagnosia Prosopagnosi
    
Fenomena di mana seseorang kehilangan kemampuan untuk mengenali wajah orang atau benda lain yang seharusnya mereka tahu. Orang yang mengalami ini biasanya menggunakan indra lain untuk mengingat orang itu, seperti bau parfum, gaya bicara atau cara orang berjalan. Contoh paling terkenal dari kasus ini diterbitkan oleh Michael Nyman dalam bukunya berjudul "The Man Who mengira istrinya topi".


Data Source :

    10 Fenomena Aneh Dalam Otak Manusia

0 komentar:

Posting Komentar